Salvador Edward Luria - Mikrobiolog Bakteriofag Peraih Nobel

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Salvador Edward Luria - Mikrobiolog Bakteriofag Peraih Nobel. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Salvador Edward Luria terlahir dengan nama Salvatore Luria. la lahir di Torino, Italia, pada 13 Agustus 1912. Ia adalah mikrobiolog yang karya rintisnya pada fag menjadi salah satu terobosan baru di bidang biologi molekuler. Bersama dengan Max Ludwig Henning Delbruck dan Alfred Day Hershey, ia dianugerahi penghargaan Nobel dalam bidang fisiologi atau kedokteran.

Salvador Edward Luria mendapat pelatihan dalam ilmu kedokteran, namun ia juga tertarik dengan bidang fisika. Setelah menerima gelar dokter dari Universitas Torino, ia bekerja di Institut Radium di Paris guna mempelajari fisika kedokteran, termasuk biologi radiasi. Disana, ia juga belajar tentang bakteriofag.

Saat Prancis diduduki oleh Nazi pada tahun 1940, Salvador Edward Luria tiba di Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya, ia bekerja di Universitas Columbia, kemudian menerima jabatan di Universitas Indiana.

Selanjutnya, Salvador Edward Luria bertemu dengan Max Ludwig Henning Delbruck pada tahun 1940, saat Delbrueck ada di Universitas Vanderbilt, dan Luria di New York College of Physicians and Surgeons.

Delbruck mengundang Salvador Edward Luria ke Laboratorium Cold Spring Harbor pada musim panas berikutnya untuk bekerja sama mengadakan eksperimen fag. Salvador Edward Luria menerima tawaran itu, kemudian lahirlah kelompok fag.

Para ilmuwan tersebut berkumpul di Cold Spring Harbor Laboratory selama tahun 1940-an untuk bereksperimen dan berbicara masalah ilmiah. Tujuan dari penelitiannya itu ialah mengenali sifat fisis gen.


Untuk melakukannya, mereka menggunakan virus bakteri fiofag atau disingkat "fag". Bakteriofag merupakan " makhluk" paling sederhana yang bisa ditemukan, yang memiliki gen - persamaan biologis bagi atom hidrogen.

Pada tahun 1940-an. laboratorium Luria di Indiana University kedatangan mahasiswa sarjana, yakni James D. Watson, dan pascadoktoral, Renato Dulbecco.

Beberapa lama kemudian, Salvador Edward Luria meninggal di Lexington, Amerika Serikat, pada 6 Februari 1991 ketika ia berusia 78 tahun. (http://biografi.biz)

kategori : sains / Sumber : http://biografi.biz/salvador-edward-luria