Laporan Praktikum Pengaruh Suhu Terhadap Kerja Enzim.

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Laporan Praktikum Pengaruh Suhu Terhadap Kerja Enzim.. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Berikut ini Disajikan Laporan Praktikum - Biokimia Tentang Pengaruh Temperatur Terhadap Aktivitas Enzim.


Latar Belakang.

Enzim adalah sekelompok protein yang berfungsi sebagai katalisator untuk berbagai reaksi kimia dalam sistem biologis. Hampir tiap reaksi kimia dalam sistem biologis dikatalisis oleh enzim. Sintesis enzim terjadi di dalam sel dan sebagian besar enzim dapat diekstraksi dari sel tanpa merusak fungsinya.

Seluruh reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel memerlukan jasa enzim, enzim disintesis di dalam sel, namun aktivitasnya tidak selalu di dalam sel. Berbagai reaksi kimia yang dikendalikan oleh enzim antara lain respiasi, pertumbuhan, perkembangan, kontraksi otot, fotosintesis, pencernaan, fiksasi nitrogen, pembentukan urin, dan lain-lain.

Seperti molekul protein lainnya, sifat biologis enzim sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor fisika-kimia. Faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim antara lain suhu Di samping itu, kecepatan reaksi enzimatik dipengaruhi pula oleh konsentrasi enzim maupun substratnya
.
Enzim bekerja pada kisaran suhu tertentu. Suhu rendah mendekati titik beku tidak merusak enzim, namun enzim tidak dapat bekerja. Dengan kenaikan suhu lingkungan, enzim mulai bekerja sebagian dan mencapai suhu maksimum pada suhu tertentu. Bila suhu ditingkatkan terus, jumlah enzim yang aktif akan berkurang karena mengalami denaturasi. Kecepatan reaksi enzimatik mencapai puncaknya pada suhu optimum. Berdasarkan teori tersebut, maka dilakukanlah percobaan ini untuk mengaplikasikan, membuktikan dan menguji kebenaran dari teori tersebut agar dapat lebih mudah untuk dipahami dan dipelajari.

Maksud dan Tujuan Percobaan
  1. Maksud Percobaan
Untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh temperatur terhadap aktivitas enzim amilase.

  1. Tujuan Percobaan   
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah menentukan suhu optimum dari enzim amilase.

  1. Prinsip Percobaan
Menentukan keaktifan dari enzim amilase berdasarkan waktu penguraian amilum menjadi glukosa pada berbagai temperatur dan diuji dengan iodin pada interval waktu tertentu sampai warna biru yang terbentuk berubah menjadi bening. 

Untuk Laporan Selengkapnya silahkan di Unduh pada tautan Berikut :
Download Laporan Praktikum -Pengaruh Suhu Terhadap Aktivitas Enzim