Manfaat Ilmu Biologi bagi Manusia dan Lingkungan

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Manfaat Ilmu Biologi bagi Manusia dan Lingkungan. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Pemanfaatan Biologi bagi Manusia dan LingkungannyaNegara kita terkenal kaya akan berbagai sumber daya alamnya, baik sumber daya alam hayati, seperti hutan yang meliputi flora dan satwanya, maupun sumber daya alam non hayati seperti emas, minyak bumi dan batu baranya. Berbekal pengetahuan Biologi kita akan mengetahui bagaimana mengelola sumber-sumber daya alam tersebut secara bijaksana, agar berdaya guna dan berhasil guna, baik untuk generasi sekarang maupun yang akan datang.


Kurangnya pengetahuan akan Biologi atau kurangnya sikap yang bijaksana dalam mengeksploitasi sumber daya alam, dapat mengancam keseimbangan dan kelestarian alam kita sendiri di masa datang. Misalnya begini, jika hutan-hutan ditebangi secara sewenang-wenang, bukan saja akan timbul banjir, erosi, tanah longsor dan kesuburan tanah menurun kualitasnya, tetapi juga sejumlah makhluk hidup akan kehilangan tempat tinggal/habitatnya bahkan mati. Coba pikirkan, apa akibatnya jika hewan-hewan yang menyusun jaring-jaring makanan dalam ekosistem musnah? Tentu akan mengakibatkan keseimbangan ekosistem menjadi terganggu bahkan merugikan manusia sendiri bukan? Akan ada jumlah populasi hewan yang ‘habis’ dan akan ada jumlah populasi hewan yang ‘meledak’. Hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas penyediaan bahan pangan bagi manusia itu sendiri.

Sebagai contoh lainnya, tentu Anda sudah ketahui bahwa gangguan yang datang dari alam sendiri kadang membuat masalah bagi dunia pertanian, seperti gempa bumi, musim kemarau panjang dan letusan gunung berapi. Apalagi jika ditambah dengan gangguan yang datang dari tangan-tangan manusia yang kurang pengetahuan dan tak bertanggung jawab.

contoh di atas menggambarkan bagaimana pengeksploitasian sumber daya alam telah dilakukan dengan cara-cara yang tidak bijaksana, juga dikarenakan oleh kurangnya pengetahuan tentang Biologi, sehingga dapat membahayakan keseimbangan lingkungan, yang pada akhirnya akan merugikan manusia di sekitarnya atau manusia itu sendiri. Kedua contoh di atas hanyalah sebagian saja dari banyak permasalahan lingkungan yang sedang melanda negeri tercinta kita akhir-akhir ini. Di sinilah pentingnya bagi Anda sebagai generasi mendatang membekali diri dengan pengetahuan Biologi dengan cabang-cabang ilmunya, agar dalam mengelola sumber daya alam kelak, Anda dapat bersikap lebih arif dan bijaksana, sehingga tindakan yang akan Anda ambil dapat bersifat ‘ramah lingkungan’.

Sekarang Anda akan pelajari sudah seberapa besar Biologi dengan seluruh cabang-cabang ilmunya telah memberikan sumbangan-sumbangan pada dunia IPTEK yang pada hakikatnya bertujuan meningkatkan kualitas hidup bagi kesejahteraan manusia.

Sebagai ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk kehidupan, manfaat Biologi dalam meningkatkan kesejahteraan manusia tidak perlu diragukan lagi. Berdasarkan ilmu murni Biologi, telah dikembangkan berbagai ilmu terapan (bioteknologi) yang telah memajukan dunia kedokteran, industri, pertanian, dan peternakan, serta perikanan. Seberapa besarkah pemanfaatan biologi untuk kesejahteraan manusia telah dilaksanakan? Berikutnya kita lihat: Contoh Manfaat Biologi di Bidang Peternakan