Snapchat, Tak Menyerah Diserang

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Snapchat, Tak Menyerah Diserang. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Snapchat bisa dikatakan sebagai aplikasi unik yang memiliki ciri khas tersendiri. Terutama, salah satu fitur snapchat yang memungkinkan Anda mengedit foto wajah Anda dengan kombinasi hewan atau bentuk unik lainnya. Snapchat sering kali menjadi perbincangan internasional karena keunikan dan keberhasilannya untuk tetap eksis di antara yang lain.

Snapchat adalah aplikasi berkirim foto dan video antarpengguna yang kemudian foto atau video itu akan hilang dalam waktu tertentu. Pengguna juga dapat menambahkan tulisan dan coretan-coretan di fotonya. Aplikasi Snapchat ini diciptakan oleh tiga mahasiswa Stanford University yang bernama Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown.

Berawal dari proyek kelas, Spiegel dan Brown, akhirnya mereka menggandeng Murphy untuk merealisasikan proyek itu ke dalam bentuk aplikasi. Juli 2011 Picabbo resmi memulai debutnya. Hingga muncul konflik internal antara founder. Brown merasa akan ditendang dari Picabbo dan meminta 30% saham untuk kontribusinya selama di Picabbo. Tapi, dua founder lain menolak karena merasa Brown tidak layak untuk itu.Akhirnya, Brown keluar, Sepeninggalan Brown, nama Picabbo berganti menjadi Snapchat dengan penambahan fitur untuk edit foto. Aplikasi Snapchat ini kemudian mulai muncul di Android pada November 2012.


Snapchat memiliki banyak fitur yang dapat digunakan secara mudah dan terbilang simple. Interface utama yang tidak ribet, karena saat Anda membuka aplikasi Snapchat akan langsung menampilkan kamera Selanjutnya, di bawah tengah ada tombol besar yang disebut sebagai shutter, yang dengan sekali tap akan menghasilkan foto, tapi jika ditahan akan secara otomatis merekam video dengan batas waktu yang cukup singkat

Ada juga fitur untuk menambah teman sehingga memungkinkan Anda berbagi foto dan video dengan banyak orang serta dapat mengirim pesan secara private seperti layanan messenger. Selanjutnya fitur discover, yakni konten yang memuat berbagai berita dari media ternama. Ada juga fitur story yang memungkinkan Anda untuk melihat foto dan video yang Anda unggah atau melihat story teman Anda, fitur lainnya yaitu Snapcash, di mana fitur ini dapat memberi kemudahan kepada pengguna untuk saling berkirim uang.

Tak membutuhkan waktu lama untuk Snapchat men­dapatkan perhatian dunia, Dalam waktu hanya dua tahun, Snapchat sudah mengirim lebih dari 700 juta foto dan video perhari Snapchat stories pun dkunjungi 500 juta kali setiap harinya. Dengan popularitasnya ini, Snapchat menarik minat banyak investor. Lightspeed Venture Partners menyuntikkan dana USD 485juta yang kemudian membawa Snapchat bernilai USD 4.250 juta. Itu baru satu investor, belum termasuk investor lain yang bergabung. Snapchat pun telah menarik perhatian Google dan Facebook. Sampai kedua perusahaan besar dunia itu berencana untuk membelinya, tapi ditolak.

Semakin sukses suatu usaha, pasti semakin tinggi juga risikonya. Seperti yang dialami oleh Snapchat ini. Mereka harus berhadapan dengan eks-partner mereka, Brown. Tahun 2014, Brown menggugat Snapchat untuk meminta ganti rugi atas kontribusi yang ia lakukan sebelumnya. Pihak Snapchat pun harus mengusahakan berbagai cara untuk menangkalnya. Selain serangan Brown, Snapchat dibanjiri pula dengan serangan cracker alias cyber peretas yang membocorkan ribuan foto dan video dengan unsur pornografi melalui web forum online 4chan. Meski begitu, cobaan tetap harus dihadapi.