Conrad Hilton, Mendunia dari 1 Kamar Kosong

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Conrad Hilton, Mendunia dari 1 Kamar Kosong . Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Conrad Hilton sudah tak asing lagi di dunia pengusaha. Ia merupakan pengusaha sukses dengan bisnis hotelnya melalui perusahaannya yang bernama Hilton Hotel Corporation. Selain itu, ia juga memiliki perusahaan Conrad Hotels & Resort berpusat di McLean, Virginia, dengan jaringan di seluruh dunia dengan induk perusahaan Hilton Worldwide.

Ketika Hilton meninggal, ia mewariskan 185 hotel di Amerika dan 75 hotel di beberapa negara. Sepeninggalnya, perusahaan tersebut terus berkembang di 76 negara dengan lebih dari 2.800 hotel, 480.000 ruang dan mempekerjakan lebih dari 70.000 karyawan. Perusahaan ini mendapatkan keuntungan $ 8.16 miliar pada tahun 2006 dan nilai perusahaannya dilansir melebihi dari $ 26 miliar. 

Siapa Conrad Hilton dan bagaimana ia mengembangkan bisnisnya? 


Nama lengkapnya adalah Conrad Nicholson Hilton. Ia lahir di San Antonio, New Mexico Territory, Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 1887. Hilton pemah mengenyam pendidikan di St Michael College dan New Mexico School of Mines. Selain itu, ia juga pemah masuk New Mexico Military Institute dan menjabat di Angkatan Darat selama 2 tahun pada waktu berlangsungnya Perang Dunia I. 

Hilton merupakan anak dari pasangan Augustus Halvorsen Hilton dengan Mary Genevieve. Ayahnya adalah seorang imigran yang berasal dari Norwegia. Augustus Halvorsen Hilton meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Sementara ibunya adalah keturunan Jerman-Amerika. Mary seorang yang taat beragama. Conrad Hilton memiliki 7 saudara. Ia selalu dibimbing oleh orang tuanya untuk membimbing saudara-saudara perempuannya.

Semasa kecilnya, ia dihadapkan pada krisis ekonomi yang cukup parah. Keluarganya mengalami kesulitan keuangan, sehingga Hilton mengatakan kepada ibunya untuk menyewakan kamar kosong di rumahnya. Ini dilakukan untuk menambah penghasilan keluarga. Dengan ide Hilton, orangtuanya menjadikan kamar kosong tersebut sebagai penginapan dengan harga per malam $ 1. Hilton kecil membantu dengan mempromosikan penginapannya itu di stasiun. Usaha ini cukup lancar dan bisa membiayai kuliah Hilton. Tak hanya itu, Hilton juga sempat memiliki karier yang baik. Ia pernah bekerja di bank dan menjadi perwakilan di legislatif New Mexico.

Namun, suatu ketika karier Hilton jatuh, dan ia hanya memiliki uang $ 5000 di tabungannya. Dengan uang segitu, ia berniat untuk bangkit dan memulai bisnis penginapan yang baru. Ia meminjam uang di bank dan dari temannya untuk membeli sebuah hotel kecil seharga $ 20.000. Inilah awal dari kesuksesan Hilton. Terpacu untuk melunasi utang-utangnya, Hilton belajar mengembangkan bisnis penginapannya. Dalam beberapa tahun tabungannya yang $ 5000 berubah menjadi miliaran dolar.

Conrad Hilton membeli hotel di Cisco, Texas pada tahun 1919. Kemudian, membangun hotel Dallas Hilton pada tahun 1925, Abilene Hilton tahun 1927, Waco Hilton tahun 1928 dan El Paso Hilton tahun 1930. Semua hotel tersebut berada di Texas. Pada tahun 1939, Hilton membangun hotel pertama diluar Texas, yaitu Andaluz Hotel di Albuquerque. New Mexico. Hilton kemudian melakukan ekspansi ke California, Chicago, dan New York. Pada tahun 1946, ia mendirikan Hilton Hotels Corporation, dan pada tahun 1948 mendirikan Hilton International Company. Hilton memiliki lebih dari 188 hotel di 38 kota di AS termasuk Hotel Mayflower, Palmer House, Plaza Hotel dan Waldorf-Astoria. Tak hanya itu, Hilton terus melakukan ekspansi hingga ke luar negeri. Ia mengembangkan hotelnya hampir di seluruh dunia. Hilton juga pemah membeli Carte Blanche Credit Company.

Hilton pemah mengalami kebangkrutan dan harus kehilangan beberapa hotelnya. Namun, ia berhasil pulih dari krisis tersebut dan perusahaannya berjaya hingga sekarang. Hotel Hilton sekarang meliputi Amerika Serikat, Uruguay, Cina, Indonesia, Jepang, Korea, Maladewa, Singapura, Thailand, Irlandia, Portugal, Turki, Mesir, Afrika Selatan, dan Uni Emirat Arab. Selain itu, Conrad Hotels & Resorts saat ini sedang membangun di Cartagena, Mekah, Suzhou, Guangzhou, Manila, Mumbai, Bangalore, Hangzhou, Xiamen, Fiji, Tianjin dan Ubud.

Hilton meninggal pada tanggal 3 Januari 1979 dalam usia 91 tahun di Santa Monica, California. Ia pemah menikah 3 kali. Awalnya Hilton menikah dengan Mary Adelaide Barron pada tahun 1925 dan bercerai pada tahun 1934. Berpisah dengan Mary, Hilton menikah dengan Zsa Zsa Gabor pada tahun 1942 hingga tahun 1946. Kemudian ia menikah dengan Mary Frances Kelly selama 3 tahun hingga ia meninggal. Dari pernikahannya Hilton memiliki 4 orang anak, yaitu Conrad Nicholson Nicky Hilton (1926), William Barron Hilton (1927), Eric Michael Hilton (1933) dan Constance Francessa Hilton (1947).

Pada tahun 1957, autobiografi Hilton diterbitkan oleh Prentice Hall dengan judul Be Guest. Selama hidupnya, Hilton mendapat gelar kehormatan dari University of Detroit (1953), DePaul University (1954), West University (1955), Adelphi University (1957), Sophia University (1963) dan Alburqueque University (1975). Darah bisnis Hilton juga turun ke anak, cucu, dan cicitnya seperti Paris Hilton yang memiliki 44 boutiq di beberapa negara. 

Tips and Quote

Beberapa pelajaran yang dapat diambil dari Conrad Hilton, yaitu: pertama, teruslah berkembang. Tak peduli cepat atau lambat. Tak peduli mengalami kegagalan sekian kali, tetaplah maju. Hanya dari satu penginapan, yaitu kamar kosong rumahnya sendiri, hari ini perusahannya tersebar di seluruh dunia. Berawal dari kesulitan ekonomi, sewa penginapan membiayai pendidikannya. Sekarang perusahannya telah membantu perekonomian berpuluh ribu orang di seluruh dunia.

Kedua, menghormati rekan kerja. Hilton memiliki kemampuan negosiasi yang sangat baik. Ia tidak ingin merugikan orang lain. Oleh karena itu, ia berusaha membangun kerja sama yang saling menguntungkan seperti menawarkan saham untuk manajer-manajernya.