Pada 19 Desember 2005, majalah Newsweek menulis sebuah kalimat dalam salah satu artikelnya yang berbunyi, 'Engine ranking are supposed to represent a kind of democracy, flection of what internet users collectively think is most useful, then search engine optimizers like Fishkin are the Web's lobbyists ' (Jika peringkat mesin pencari dianggap mewakili semacam demokrasi, merupakan cerminan dari apa yang dianggap paling berguna secara kolektif oleh pengguna internet, maka pengoptimalan mesin pencari seperti yang dilakukan Fishkin layaknya kerja seorang pelobi web).
Kinerja Rand Fishkin sebagai seorang SEO (Search Engine Optimization) memang seperti seorang pelobi jika pemakaian mesin pencari buatannya oleh para pengguna internet direfleksikan sebagai sebuah fenomena demokrasi. Kepiawaian "melobi" Rand Fishkin tersebut tak lepas dari sepak terjang perusahaan SEOmoz miliknya yang bergerak di bidang internet marketing dan search engine optimization (pengoptimalan mesin pencari) di dunia maya.
Kinerja Rand Fishkin sebagai seorang SEO (Search Engine Optimization) memang seperti seorang pelobi jika pemakaian mesin pencari buatannya oleh para pengguna internet direfleksikan sebagai sebuah fenomena demokrasi. Kepiawaian "melobi" Rand Fishkin tersebut tak lepas dari sepak terjang perusahaan SEOmoz miliknya yang bergerak di bidang internet marketing dan search engine optimization (pengoptimalan mesin pencari) di dunia maya.
Di halaman About SEOmoz pada situs resmi seomoz.com dijelaskan bahwa Rand Fishkin mulai merilis perusahaan SEOmoz sejak 1996 silam. SEOmoz memberikan bantuan kepada perorangan ataupun perusahaan di seluruh dunia dengan berbagai perangkat online maupun tutorialnya dalam rangka membantu internet marketing dan meningkatkan optimalisasi mesin pencari pada perusahaan tersebut. SEOmoz mengklaim bahwa hingga 2007 mereka telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan searching di lebih 15 negara di dunia.
Masih dari halaman About SEOmoz, dijelaskan juga bahwa tujuan perusahaan ini adalah menyediakan berbagai software panduan untuk kegiatan bisnis perorangan, organisasi nirlaba, dan organisasi pemerintahan, hingga mereka semua dapat memanfaatkan fasilitas internet untuk meningkatkan promosi dan mencapai sukses.
Fishkin memberikan layanan kepada para pengunjung seomoz.com dengan pilihan sebagai berikut, SEO Consulting, SEO Guides, SEO Tools, dan PRO Content. Untuk komunitas para penggunanya, SEOmoz memberikan beberapa wadah sebagai berikut, SEO Blog, YOUmoz, SEO Marketplace, dan Affiliate Program.
Pada 2006, SEOmoz mendapat penghargaan sebagai website SEO terbaik di dunia. Dengan prestasinya ini SEOmoz beserta Rand Fishkin lantas banyak mendapat sorotan dari berbagai media, di antaranya, Search Engine Journal, Majalah Newsweek, USA Today, Slashdot, About.com, E-Consultancy.com, SearchEngineWatch, dan Washington Post. Bahkan Rand Fishkin yang masih berusia 29 tahun pun dinyatakan sebagai salah satu pengusaha muda terkaya di dunia lewat jalur internet dengan pundi-pundi harta pribadi mencapai 6,5 juta dolar Amerika Serikat, atau sebanding dengan 65 miliar rupiah.