Penjelasan Lengkap tentang Protein

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Penjelasan Lengkap tentang Protein. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Protein adalah zat makanan yang mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N). Molekul-molekul protein dapat pula mengandung unsur fosfor (P), belerang (S) dan sedikit besi (Fe), serta tembaga (Cu).

Protein adalah suatu zat makanan yang sangat penting bagi tubuh. Protein memiliki beberapa fungsi seperti berikut ini:
  • sumber energi atau bahan bakar tubuh;
  • sebagai zat pembangun dalam pertumbuhan;
  • berperan dalam sintesis zat-zat penting tubuh, seperti hormon dan enzim;
  • perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Sebelum diserap oleh tubuh, protein harus diubah terlebih dahulu menjadi asam amino. Dalam molekul protein, asam amino saling berhubungan dengan suatu ikatan yang disebut ikatan peptida. Suatu molekul protein dapat tersusun atas ratusan asam amino. Perhatikan Gambar Berikut.
Protein tersusun atas asam amino
Protein tersusun atas asam amino.
Asam amino dibagi menjadi dua macam, yaitu asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesis atau dibentuk oleh tubuh. Asam amino esensial diperoleh melalui makanan. Adapun asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh. Perhatikan Tabel Berikut.
Asam Amino Esensial dan Asam Amino Nonesensial
Asam Amino Esensial dan Asam Amino Nonesensial
Bahan-bahan makanan yang banyak mengandung protein dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang diperoleh dari hewan, seperti daging, telur, dan ikan. Adapun protein nabati adalah protein yang diperoleh dari tumbuhan, seperti kacang-kacangan.

Beberapa jenis makanan yang mengandung protein
Beberapa jenis makanan yang mengandung protein