Sean Belnick : Founder BizChair

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Sean Belnick : Founder BizChair. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Saat berumur 14 tahun, Sean Belnick memperoleh sebuah ide brilian ketika ia tengah membantu ayah tirinya, Gary Glazer yang bekerja di sebuah toko furnitur. Waktu itu ia memperhatikan pihak toko retail menelepon ayah tirinya untuk memesan furnitur dan meminta barang tersebut diantar. Belnick juga sempat mendapati bahwa aktivitas perdagangan di toko ayahnya tersebut berjalan kurang efektif dengan keberadaan para salesman yang kerap melakukan pressure kepada para calon pembeli. Tindakan para salesman itu bahkan terkadang menciptakan situasi yang membuat para calon pembeli merasa kurang nyaman sehingga mengurungkan niatnya untuk membeli produk furnitur.

Belnick kemudian berpikir untuk mengajak para konsumen berkeliling melihat seluruh isi toko, namun dengan cara yang lebih murah dan tanpa pressure, yaitu dengan menciptakan sebuah toko online.

Pada 2001, dengan bermodalkan uang sebanyak 500 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar 5 juta rupiah, Belnick mulai berjualan kursi kantor secara online. Toko online miliknya itu ia namai Bizchair. com. Belnick juga sempat menjual kartu-kartu Pokemon di e Bay. Untuk menjaring pembeli pada tahap awal, ia menggunakan data konsumen yang dimiliki toko ayah tirinya, serta menambah jaringan melalui sebuah account di Yahoo! Store. Semua bisnis tersebut, dilakukan Belnick dari kamar tidur di rumahnya. Suatu hat yang sulit dipercaya karena dengan itu ia bisa memasarkan beragam produk mencapai 50-100 jenis.

Terobosan bisnis online yang dilakukan Belnick ternyata berjalan dengan amat mulus dan berkembang pesat. Situs Bizchair dia kelola dengan pengoperasian yang mudah hingga terkesan ramah dengan para pengunjungnya. Pada 2004, Belnick Inc. Yang membawahi Bizchair mulai terlihat mengalami perkembangan signifikan ketika Belnick memutuskan untuk menyewa sebuah gudang komersial dengan luas 40 ribu meter persegi di Kennesaw, Georgia. Dua tahun kemudian, Bizchair meningkatkan fasilitas gudang dan melakukan perluasan ruang hingga mencapai 100 ribu meter persegi.

Pada Juli 2007, Bizchair memindahkan kantor dan gudangnya ke Canton, Georgia. Gudang baru tersebut luasnya mencapai 327 ribu meter persegi.  Perpindahan itu membawa Bizchair semakin merajai bisnis furnitur online. Meskipun persaingan dalam penjualan barang-barang furnitur secara online dari waktu ke waktu kian ketat, namun Bizchair tetap tak tergoyahkan.

Enam tahun pasca pendirian Bizchair, usaha yang dimulai Belnick dengan uang 500 dolar itu kini telah menjelma menjadi 24 juta dolar. Bizchair juga telah memiliki karyawan berjumlah 75 orang, dan telah menjual lebih dari 25 ribu produk furnitur hasil produksi dari 200 unit pabrik. Sumber Wikipedia menyebutkan bahwa pendapatan Bizchair mulai menanjak pada 2005 dengan memperoleh 13,6 juta dolar, dan terus naik pada 2006 hingga mencapai 24 juta dolar. Pada 2007 total pendapatannya mencapai 37,5 juta dolar, dan terus melambung pada 2008 dengan mencatat pendapatan hingga mencapai 42 Juta dolar. Inc. com (salah satu situs bisnis terkemuka) menyebutkan bahwa para konsumen yang menjadi pelanggan Bizchair di antaranya adalah instansi-instansi dan perusahaan besar seperti Microsoft, Google, dan Pentagon.

Bisnis yang lancar membawa dampak positif bagi Bizchair. Beberapa prestasi sempat dicetak oleh Bizchair, antara lain sebagai berikut;

  • Peringkat 438 pada The Inc. 500 List of Fastest Growing Privately Held Companies 2006.

  • Peringkat 32 pada Internet Retailer's List of Fastest Growing E-Retailers 2007.

  • Peringkat 272 pada Internet Retailer Magazine's Top 500 untuk 2007.

  • Peringkat 48 pada Top 100 Business in Atlanta-Sandy Springs Marietta, GA area oleh Inc. Magazine pada 2008.

  • Peringkat 37 dalam daftar Top 100 Inc. Retail Companies pilihan Magazines.

Menurut situs retireat21.com, Sean Belnick memiliki iumlah kekayaan pribadi mencapai 42 juta dolar AS, setara dengan 420 miliar rupiah. Hal itulah yang kemudian memasukkan namanya ke dalam daftar para pengusaha muda terkaya di dunia. (http://biografi.biz)

kategori : startup / Sumber : http://biografi.biz/sean-belnick