Robert Small, Menciptakan Situs Game Online MINICLIP dari Kamar Tidur

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Robert Small, Menciptakan Situs Game Online MINICLIP dari Kamar Tidur. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Internet telah menawarkan banyak hal kepada para penggunanya. Selain terdapat banyak situs yang menyajikan berbagai informasi dan berita up to date, di dunia maya juga terdapat beberapa situs game online untuk menghibur para pengunjungnya.

Salah satu situs game online yang cukup terkenal adalah miniclip.com. Miniclip bahkan mengklaim mereka adalah game network terbesar di dunia tanpa tersaingi pihak manapun, dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 34 juta orang.


Pendiri Miniclip adalah seorang pemuda Inggris bernama Robert Small. Robert Small lahir pada 1977. Ketika ia berusia 24 tahun, ia dibantu kawannya yang bernama Tihan Presbie untuk menyiapkan sebuah situs game network yang dinamai Miniclip. untuk modal awal pembentukan Miniclip, Small menggunakan uang yang ia peroleh dari neneknya. sedangkan Presbie juga ikut membantu Permodalan miniclip dengan menanamkan uang hasil bisnisnya. Dengan modal yang terkumpul sebanyak 40 ribu poundsterling, mereka berdua nekat menginvestasikan semua modalnya untuk membuat situs game online Miniclip. Miniclip oleh Small mulai dirilis pada 2001 dari kamar tidurnya di London.

Prod uk game pertama mereka adalah sebuah permainan interaktif yang sangat sederhana. Game pertama mereka dikenal dengan nama "Dancing Bush", yaitu sebuah permainan yang menggambarkan animasi Presiden George Bush Jr. Yang akan menari menurut komando dari si pemain. Sungguh di Iuar dugaan, permainan tersebut dapat menarik lebih dari 2 juta orang pemain hanya dalam waktu satu bulan.

Mengetahui bahwa permainan "Dancing Bush" amat sukses di pasaran, Small kemudian membuat permainan sejenis namun dengan model yang berbeda, yaitu "Dancing Blair" (model Tony Blair - PM Inggris) dan "Dancing Chirac" (model Jacques Chirac - Presiden Prancis). Permainan-permainan tersebut tergolong sangat sederhana, karena hanya bermodalkan program dasar Macromedia Flash.

Para pengunjung Miniclip sebagian besar adalah para remaja dengan rentang usia 10 hingga 18 tahun. Mereka sangat tertarik dengan permainan sederhana dari Miniclip yang dapat meningkatkan rasa penasaran para pemainnya, dan yang lebih utama adalah para pengguna dapat memainkan game di Miniclip secara gratis. Selain itu, Miniclip juga menyediakan berbagai permainan lain yang semakin menarik pengguna internet, di antaranya puzzle, sudoku, dan beberapa model game ketangkasan menembak.

Kesuksesan Miniclip tidak lepas dari kreasi Small yang membuat situs miniclip.com amat istimewa dan menarik. Situs ini tergolong sangat mudah dipahami dan dioperasikan meskipun memuat lebih dari 400 jenis game dan dengan pilihan 14 bahasa berbeda, antara lain bahasa Inggris, Prancis, spanyol, Jerman, Portugal, Italia, Polandia, Khmer, Rumania, Hongaria, Korea, Cina, dan Jepang.  Miniclip juga memiliki slogan yang cukup menarik yaitu "Play Free Games".

Beberapa game Miniclip yang banyak digemari dan sempat tampil di peringkat atas deretan game yang banyak dimainkan adalah :
  • Dancing Bush (2001)
  • Club Penguin (2005)
  • Comando 2 (2008)
  • Spineworld (2009)
  • Obama Alien Defence (2009
Pada 2008, perusahaan Miniclip milik Small ini ditaksir telah mencapai nilai hingga lebih dari 200 juta poundsterling, dengan berhasil mencetak laba sebesar 20 juta poundsterling selama dua tahun terakhir. Pendapatan tersebut sebagian besar diperoleh dari pemasangan iklan, karena game yang mereka sediakan sebagian besar berstatus gratis.

Miniclip yang dari waktu ke waktu kian menjelma menjadi sebuah perusahaan besar. Menurut statistik Alexa pada Februari 2010, miniclip.com menempati ranking 343 situs yang paling banyak dikunjungi .

Kesuksesan Miniclip telah mengatar Robert Small menjadi salah seorang pengusaha muda terkaya di dunia menurut situs retireat21.com dengan total kekayaan mencapai 23 juta dollar Amerika Serikat, atau setara dengan 230 miliar rupiah