Tsummadana Wulan, Wirausahawan Fesyen Muslimah dari Semarang

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Tsummadana Wulan, Wirausahawan Fesyen Muslimah dari Semarang. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Fesyen muslimah yang sedang naik daun beberapa tahun terakhir ini didorong salah satunya oleh banyaknya desainer-desainer muda yang sukses memanfaatkan media sosial seperti Facebook. Mereka berkreasi menciptakan busana-busana muslim dan aksesorisnya yang unik lalu menjualnya mulai dari teman-teman terdekat. Tsummadana Wulan tak ketinggalan mengikut arus ini, bahkan produk karyanya sampai dipakai artis-artis tanah air.



Wulan mengawali bisnis ini dari keinginannya berbisnis. Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini memulai usahanya tanpa modal, yaitu dengan menjual pakaian-pakaian pantas pakai miliknya. Keuntungan: yang ia dapatkan dijadikan modal untuk membuat pernak-pernik aksesori seperti kalung dan gantungan kunci.

Setelah lima bulan bolak-balik membeli bahan dan membuat aksesorinya sendirian, Wulan ingin berbisnis di internet yang praktis. Wulan pun bergabung dengan sebuah MLM produk fesyen wanita, pria, dan anak-anak. Di sana, ia mendapat penghasilan yang membuatnya bisa beli BlackBerry dan membayar kuliahnya sendiri.

Selama dua tahun menjalani bisnis MLM di bidang fesyen, ia berpikir untuk memproduksi label fesyennya sendiri, namun Wulan tidak bisa menjahit. Dibantu ibundanya yang menja­hitkan hasil rancangannya, gadis kelahiran 23 Desember 1990 ini menawarkan beberapa produk dengan sistem pre-order. Ternyata produknya banyak diminati, terlahirlah label fesyen miliknya, Miulan, pada akhir 2011 yang lalu.

Baru tiga bulan Miulan berjalan, sang bunda berkeinginan untuk berangkat umroh. Ada satu tiket umroh gratis tersedia, namun sang bunda tidak ingin berangkat sendirian. Wulan yang masih memiliki tabungan hasil bisnis MLM dari keuntungan Miulan awalnya sempat meniatkan menggunakan tabungan itu untuk mengembangkan usahanya. Namun ia menggunakan tabungan itu untuk memenuhi keinginan sang bunda berangkat umroh bersama-sama. Tidak disangka, sebulan kemudian uang itu kembali hampir tiga kali lipat dari sebelumnya!

Atas kepercayaan para konsumen, Miulan semakin dikenal dan berkembang. Butik di samping rumahnya di Semarang pun ia dirikan. Wulan bisa mempekerjakan beberapa karyawan dan berbagi rezeki dengan ibu-ibu di sekitar rumahnya untuk memotong bahan-bahan.

Produk Miulan juga digunakan beberapa artis, seperti Julia Peres, Lyra Virna, Lia Ananta, Asti Ananta, Sheza Idris, Astrid Kuya, dan masih banyak lagi. Penjualan bahkan hingga ke luar negeri, seperti Hongkong, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Wulan bisa dihubungi melalui e-mail di cemplonzzz©yahoo.co.id atau Twitternya @cemplonzzz.

Tips dan Quote

Jangan pelit untuk membahagiakan orang tua, karena doa dan restu mereka sangat manjur dalam membuat kita sukses.