Laporan Praktikum: Reaksi-Reaksi Asam Amino Dan Protein

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Laporan Praktikum: Reaksi-Reaksi Asam Amino Dan Protein. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Berikut ini disajikan Laporan Praktikum – Biokimia Tentang Reaksi-Reaksi Spesifik Asam Amino Dan Protein.

Latar Belakang


Kira-kira 50 % dari berat kering organisme yang hidup adalah protein, dan protein bukan hanya sekedar bahan simpanan atau nahan struktural seperti halnya dengan polisakarida. Variasi fungsi protein sama banyaknya dengan variasi fungsi kehidupan itu sendiri. Semua katalisis yang jumlahnya ribuan, yang memungkinkan terjadinya reaksi kimia dalam zat yang hidup yang disebut protein. Reaksi Adamkiewitz-Hopkins adalah suatu reaksi untuk menentukan gugus indole spesifik untuk asam amino triptofan. Senyawa-senyawa indolik dengan aldehid tertentu (asam glioksilik, metanol, para metil amino-benzaldehide) dalam suasana asam dan dingin memberikan warna violet.

Asam-asam kuat yang ditambahkan ke larutan protein menyebabkan suatu denaturasi irreversibel protein. selain penambahan asam-asam kuat dapat juga dilakukan penambahann logam, penambahan alkohol dan melakukan pengocokan terhadap larutan protein sehingga menyebabkan protein itu terdenaturasi.

Pada umumnya asam amino diperoleh sebagai hasil hidrolisis protein, baik menggunakan enzim maupun dengan menggunakan asam, dengan cara ini diperoleh campuan bermacam-macam asam amino dan untuk menentukan jenis asam amino maupun kualitasnya masing-masing asam amino perlu diadakan pemisahan antara asam-asam amino tersebut (Poedjiadi, 1994).

Berdasarkan landasan teori di atas, maka dilakukanlah percobaan mengenai reaksi-reaksi spesifik asam amino dan protein.

Maksud dan Tujuan Percobaan


  1. Maksud Percobaan
Maksud dari percobaan ini adalah mempelajari dan memahami reaksi-reaksi spesifik asam amino dan protein.

  1. Tujuan Percobaan
Tujuan dilakukan percobaan ini adalah :
  • Membuktikan adanya gugus indol, spesifik amino triptofan melalui percobaan Adamkiewitz-Hopkins.
  • Membuktikan terjadinya denaturasi protein dengan percobaan termokoagulasi, serta pengendapan dengan asam kuat.

Prinsip Percobaan


Mengidentifikasi protein dengan mengidentifikasi reaksi spesifik asam amino dan protein  dengan beberapa pereaksi tertentu yaitu melalui reaksi Adamkiewitz-Hopkins dan pengendapan dengan asam kuat seperti asam nitrat dan asam organik yang ditandai dengan adanya perubahan warna, suhu dan endapan yang menunjukkan bahwa adanya reaksi uji positif terhadap asam amino dan protein.

Untuk Laporan Selengkapnya silahkan di Unduh pada tautan Berikut :