Laporan Pratikum: Pengamatan Kerja Enzim Amilase

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Laporan Pratikum: Pengamatan Kerja Enzim Amilase. Semoga bermanfaat untuk dibaca.
Berikut ini disajikan Laporan Praktikum  Fisiologi Tumbuhan Tentang Aktivitas Enzim Amilase. 

Latar Belakang.

Biji-biji yang sedang berkecambah dapat merupakan sumber enzim dari jaringan tumbuhan, meskipun enzim yang diperoleh berasal dari enzim kasar. Untuk keperluan percobaan enzim yang sederhana, ekstrak kecambah dapat digunakan. Enzim aktif dalam jumlah yang sangat sedikit. Tidak terpengaruh oleh reaksi yang dikatalisisnya pada kondisi stabil. Walaupun enzim mempercepat penyelesaian suatu reaksi, enzim tidak mempengaruhi keseimbangan reaksi tersebut, kerja katalis enzim spesifik (Anonim, 2011).
Dari hasil penelitian para ahli biokim ternyata banyak enzim mempunyai gugus bukan protein, jadi termasuk golongan protein majemuk. Gugus bukan protein ini disebut dengan kofaktor ada yang terikat kuat pada protein dan ada pula yang tidak terikat kuat oleh protein.. Gugus terikat kuat pada bagian protein artinya sukar terurai dalam larutan yang disebut dengan Prostetik, sedang yang tidak begitu terikat kuat ( mudah dipisahkan secara dialisis ) disebut dengan Koenzim. Keduanya ini dapat memungkinkan enzim bekerja terhadap substrat (Anonim, 2011).

Sebagian besar mikroorganisme memindahkan berbagai macam molekul kecil melewati sel-sel atau membran plasma dan memetabolismenya. Substansi ini termasuk glukosa, asam amino, peptida kecil, nukleotida dan fosfat serta ion organik lainnya. Sebagai tambahan, untuk endoenzim yang diproduksi untuk digunakan sel, banyak bakteri (dan fungi) memproduksi eksoenzim dan melepaskannya melalui sel atau membran plasma. Enzim (eksoenzim) yang berperan dalam merubah karbohidrat komplek adalah karbohidrase, amilase, selulase. Pati merupakan substansi yang terlebih dahulu harus diubah menjadi molekul lebih sederhana agar dapat diserap oleh sel. Mikroorganisme memproduksi enzim untuk memecah substansi di dalam sel, salah satunya adalah amilase (Mahbub, 2008).

Jadi, untuk membahas lebih lanjut mengenai peran serta aktivitas enzim amylase pada tumbuhan, maka percobaan ini dilakukan.

Tujuan Percobaan

Tujuan dari percobaan ini adalah untuk melihat pengaruh pemberian enzim amylase terhadap larutan pati dari kentang Solanum tuberosum.

Untuk Laporan Selengkapnya silahkan di Unduh pada tautan Berikut :