Pierre Omidyar, Pendiri Situs Pelelangan Online Terbesar di Dunia, e-Bay

Selamat Datang di Blog Materi IPA. Judul Postingan Kali ini tentang Pierre Omidyar, Pendiri Situs Pelelangan Online Terbesar di Dunia, e-Bay. Semoga bermanfaat untuk dibaca.

Pierre Omidyar adalah pendiri eBay, sebuah situs jual beli dan pelelangan online terbesar di dunia. Pada September 2013, Forbes mencatat total kekayaan Omidyar mencapai $8,5 miliar, yang mengantarkannya menjadi salah satu orang terkaya di Amerika Serikat. Ia menjadi miliarder pada usinya yang ke 31 dengan IPO eBay. Jumlah kekayaan tersebut meningkat sebanyak $300 juta dibanding tahun 2012.

Pierre Omidyar lahir pada tanggal 21 Juni 1967 di Paris, Prancis dengan nama Pierre Morad Omidyar dari orangtua berketurunan Iran dan Amerika. Ibunya, Elane Mir Djalali Omidyar merupakan seorang doktor linguistik di Universitas Sorbonne. Sementara ayahnya adalah seorang dokter ahli bedah. Ketika Omidyar menginjak 6 tahun, orangtuanya pindah ke AS dan mereka tinggal di Washington DC.

Omidyar memulai pendidikannya di Potomac School Kemudian, masuk St Andrew’s Episcopal School dan lulus pada tahun 1984. Omidyar kemudian melanjutkan pada bidang ilmu komputer di Universitas Tufts dan lulus pada tahun 1988. Setelah lulus dari universitas, Omidyar bekerja di sebuah anak perusahaan Apple.

Satu hal yang menarik dari keberhasilan bisnis online Omidyar adalah, awalnya ia tidak bermaksud menjadi orang kaya raya dari internet Omidyar menemukan peluang bisnis ketika berniat membantu Pez. Pez adalah seorang kolektor dan ia mengalami kesulitan mencari kolektor di San Fransisco Bay. Omidyar menyarankan menggunakan internet mencari mitra dagang dan tak sampai disitu, Omidyar pun membantu membuatkan sebuah halaman dengan nama Lelang Web di situs pribadinya.

Di halaman tersebutlah Pez membuat daftar lelang barangnya. Tak hanya Pez, kemudian juga diikuti oleh orang lain. Dalam waktu yang singkat, banyak orang yang tertarik untuk membeli dan menjual di situs tersebut. Belajar dari halaman lelang ini, maka Omidyar memutuskan membuat situs terpisah, yaitu eBay. Situs ini dibuat Omidyar ketika ia berumur 28 tahun, yaitu pada tahun 1995. Awalnya namanya bukan eBay tapi Echo Bay. Pada tahun 1997, Echo Bay diganti menjadi eBay.

Situs pelelangan eBay adalah sebuah situs di mana penjual dan pembeli bertemu. Para penjual memasang iklan lelang barang-barangnya, kemudian dibeli oleh pembeli. Untuk sekali lelang barang, para penjual dikenakan biaya 25 sen hingga 2 dolar.

Pada saat yang bersamaan, Omidyar juga bergabung dalam sebuah usaha telepon internet, yaitu General Magic. Namun, dengan semakin tingginya aktivitas di eBay, maka ia memutuskan untuk berhenti bekeija dan fokus membesarkan eBay. Omidyar dibantu oleh Jeffrey Skoll mengelola eBay pada tahun 1996. Pada tahun 1998, eBay melakukan IPO pertamanya dan sukses, sehingga Omidyar dan Skoll mendadak menjadi miliarder.

Omidyar memutuskan untuk menunjuk Meg Hitman sebagai presiden dan Chief Executive Officer (CEO) di eBay. Di bawah pimpinan Meg Hitman, eBay semakin berkembang dan berhasil meluncurkan situs baru di beberapa negara. Pada akhir tahun 1998, eBay berhasil mendapatkan pendapatan $750 juta dengan 2,1 anggota.

Selain eBay, Omidyar juga berinvestasi di Montage Resort & Spa di Laguna Beach, California. Tak hanya itu, Omidyar juga meluncurkan situs online terkait layanan berita Honohulu, yang kemudian berhasil menjadi situs berita terbaik di Hawaii. Omidyar juga menjalin kerjasama dengan The Huffington Post dan membentuk First Look Media pada tahun 2013.

Omidyar kemudian menghabiskan lebih banyak waktunya untuk perusahaan investasi filantropis, Omidyar Network. Bersama dengan istrinya, Omidyar aktif melakukan kegiatan amal. Dikabarkan bahwa mereka telah mendonasikan $115 juta untuk yayasan kemanusian dan merencanakan akan mengalokasikan $50 juta pada tahun 2016.

Omidyar Network merupakan organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2004 yang menekankan pada kemajuan ekonomi dan partisipasi masyarakat dalam berbagai bidang. Omidyar sekarang tinggal di Handerson, Nevada, Amerika Serikat bersama dengan istrinya, Pamela Kerr Omidyar. Omidyar menikah dengan Pam pada tahun 1999.